Senin, 31 Oktober 2016

Warung KaTa Pusur Polanharjo

Warung KaTa Pusur di Polanharjo.

KaTa singkatan dari Kanda Takon. Artinya tanya-jawab, dialog, ngobrol bebas santai.  Sedangkan Pusur diambil dari nama sungai yg melintas di beberapa desa di Kecamatan Polanharjo, Klaten. Daerah Aliran Sungai (DAS) Pusur adalah bagian dari DAS Bengawan Solo.

Idealnya semua pihak yg terlibat ke dalam pengelolaan sungai melakukan dialog terbuka, sejajar, saling mengenal kepentingan dan kebutuhannya masing-masing. Tidak ada yg merasa lebih berjasa dibanding yg lain. Sehingga proses pengambilan keputusan berjalan demokrasi dengan memfasilitasi kepentingan publik yg lebih luas, dan bukan pesan sponsor kepentingan satu-dua pihak pemilik kapital yg dominan.

Sebuah cita-cita mulia. Hanya akan terjadi bila para pihak berkepentingan ini sering ketemu dan mengobrol saling mengenal. Warung KaTa Pusur diharapkan menjadi media agar obrolan ini terjadi.  



Warung KaTa Pusur Polanharjo
Kami menggunakan beras sehat dan aneka produk petani lokal dari Martani Pangan Sehat (www.martanipangansehat.blogspot.com). Pengertian sehat bukan melulu kelompok tani yg memiliki sertifikat organik, tidak memakai pestisida kimia dan memakai pupuk organik. Kami lebih ingin melihat kemandirian dari petani dan masing-masing kita semua. Mandiri melihat potensi diri, menggunakan kesempatan sehingga bermartabat dan berdaulat tidak sebatas bahasa jargon. Tapi dalam ketersediaan pangan dan kesehariaan, itu terjadi. 

Peta Warung KaTa Pusur Polanharjo.
Warung KaTa Pusur berlokasi di Dusun Tegal Mulyo, RT 1 RW 5, Desa Polan, Kecamatan Polanharjo. Lokasi warung ini berhadapan dengan Pusat Belajar Pertanian Polanharjo yg saat ini dikelola oleh temans LSM Gita Pertiwi. 

Dari Jalan Delanggu - Polanharjo, lokasi Warung KaTa Pusur berada 300 meter ke arah utara dari Kantor Kecamatan Polanharjo. 

Dari Jalan Cokro - Delanggu, lokasi Warung KaTa Pusur berada 1 km ke arah selatan dari Pabrik Aqua Klaten.

Tetangga depan Warung KaTa adalah Joglo Pusat Pertanian Polanharjo. Sebuah tempat terbuka ala rumah Jawa yg biasa digunakan kelompok petani berkumpul. Teman-teman dari Gita Pertiwi (gitapertiwi.org) yg mengoperasikan joglo pertanian ini.

Pusat Pertanian Polanharjo

Pinarak Warung KaTa Pusur. Ikuti perkembangan kami di sosmed berikut. Follow yah Kak untuk mendapatkan resep-resep cake glutenfree atau informasi terbaru seputaran desa-desa pengelola Sungai Pusur.


Kontak Yusup 0813.1780.5953.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar